My Blog

Potensi Pengembangan Tanaman Lohansung di Indonesia

Bisnis budidaya tanaman hias pada saat sekarang ini semakin meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat akan lingkungan hijau. Tingginya permintaan tanaman hias dari pengembang perumahan dan apartemen baru di kota-kota besar menjadi salah satu pendorong perkembangan bisnis budidaya tanaman hias. Termasuk permintaan Bibit Lohansung.

Pohon Lohansung ( Podocarpus ) merupakan spesies asal Asia Selatan dan banyak tumbuh di Jepang, Taiwan, Hong Kong dan negeri tirai bambu Cina. Namun saat ini sudah tersebar ke negara bagian Amerika Serikat. Lohansung merupakan tanaman semak mirip jenis cemara dengan ketinggian rata-rata antara 1-25 m, terkenal dengan sebutan buddhist pine atau pinus budha. Khusus wilayah Asia Tenggara terutama Philippina dan Indonesia Tanaman Lohansung berguna sebagai bahan pembuat Bonsai atau tanaman penghias taman.

Selain Itu pohon Lohansung adalah pohon resmi di negara bagian Prefektur Chiba, Jepang. Menurut kepercayaan Feng Shui, jenis tanaman ini dianggap membawa keberuntungan. Oleh karena itu, permintaan dan nilainya sangat tinggi di masyarakat. Selain itu, kayu dan pohon Lohansung yang tahan air dapat digunakan dalam konstruksi rumah.

Pemilihan jenis tanaman hias yang akan dibudidayakan sangat penting, sebab setiap tanaman hias memerlukan cara perawatan dan kebutuhan nutrisi yang agak berbeda dengan jenis tanaman buah. Jenis tanaman hias sebenarnya sangat beragam, Anda dapat memilih satu atau beberapa jenis tanaman hias untuk dibudidayakan.

Persiapan Peralatan Dan Media Tanam

Peralatan yang perlu kita sediakan untuk membudidayakan tanaman lohansung ini cukup sederhana, mulai dari pot (ukuran disesuaikan dengan jenis tanaman hias), sekop kecil, semprotan air, media tanam (sesuai dengan jenis tanaman hias), dan juga pupuk kompos. Selain peralatan di atas, Anda juga perlu memastikan ketersediaan air yang cukup untuk menyiram tanaman lohansung Anda.

Tahap Penanaman

Untuk proses penanaman dalam pot caranya adalah dengan menyobek polybag secara perlahan dan buang polybag bekasnya. Hati-hati pada saat melakukannya dan usahakan jangan sampai merusak akar bibit. Selanjutnya masukkan ke dalam lubang tanam dan timbun serta padatkan secara perlahan. Setelah proses penanaman selesai, lakukan penyiraman dengan air secukupnya.

Perawatan Tanaman Lohansung

Setelah pohon yang Anda tanam dapat hidup dengan baik, maka Anda dapat melanjutkan perawatan dengan lebih intensif. Perawatan untuk menjaga kelangsungan hidup tanaman hias ini antara lain:

  • Penyiraman 2 hari sekali. siram secara rutin setiap 2 hari sekali untuk menjaga kebutuhan air tanaman hias dalam berfotosintesis.
  • Pemupukan. Pemberian pupuk secara teratur pada tanaman hias akan sangat membantu dalam pertumbuhan perkembangannya. Anda dapat menggunakan jenis pupuk kompos ataupun pupuk buatan pabrik sesuai dengan kebutuhan.
  • Pemberian fungisida dan insektisida. Tanaman hias juga dapat terserang hama dan penyakit, sehingga Anda perlu memberikan fungisida atau insektisida sesuai dengan jenis hama atau penyakit yang menyerang tanaman hias tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *